Default Floating
WhatsApp Icon
Telephone Icon
Email Icon

Virus Corona: Apa yang sudah kita ketahui

Sebuah virus respiratori yang berawal dari China yang sudah menginfeksi lebih dari 2 juta orang dengan setidaknya 100 ribu lebih kematian di seluruh dunia.

Apa itu Coronavirus (Covid-19) ?

Menurut World Health Organization (WHO), Coronavirus (Covid-19) adalah sebuah penyakit menular yang disebabkan oleh Coronavirus yang baru saja ditemukan. Nama Coronavirus itu sendiri datang dari bahasa latin corona yang berarti “mahkota” karena bentuk virus corona yang mirip dengan mahkota.

Setidaknya ada 4 jenis coronavirus yang dapat menyebabkan infeksi ringan setiap tahun, seperti flu biasa. Setiap orang pasti terkena oleh coronavirus pada saat tertentu dalam hidupnya. Virus corona yang baru saja ditemukan di China adalah virus SARS-CoV-2 dan penyakit yang disebabkan oleh virus baru ini disebut Covid-19.

Health vector created by freepik – www.freepik.com

Seberapa berbahayakah Covid-19 ?

Sulit untuk mengetahui pasti seberapa berbahayakahnya penyakit Covid-19. Karena Covid-19 tidak lebih fatal daripada penyakit yang disebabkan oleh coronavirus lainnya seperti SARS dan MERS tetapi lebih fatal daripada flu biasa.

Anak kecil memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk terinfeksi dengan penyakit ini dibandingkan dengan orang dewasa atau orang tua. Laki-laki juga memiliki kemungkinan meninggal lebih tinggi dibandingkan wanita yang dikarenakan oleh respon imun yang lebih lemah dan kebiasaan merokok yang biasa dilakukan oleh laki-laki.

Bagaimana cara Coronavirus menyebar ?

Para ahli percaya bahwa coronavirus berawal dari pasar yang menjual hewan hidup di Wuhan. Pasar itu kemudian ditutup dan disterilkan sehingga sulit untuk mengetahui asal coronavirus itu.

Kelelawar merupakan salah satu hewan yang memungkinkan untuk mentransmisikan virus corona kepada manusia dikarenakan kelelawar merupakan makhluk hidup yang dapat hidup dengan banyak virus dan mereka merupakan poin awal dari penyakit SARS.

Wabah coronavirus berkembang karena transmisi dari manusia ke manusia lainnya. Orang yang terinfeksi dengan coronavirus menghasilkan butir-butir cairan ketika bernapas,berbicara,batuk ataupun bersin sehingga membuat virus ini bisa menyebar melalui udara.

Butir-butir cairan ini kemudian jatuh ke tanah/permukaan lantai yang menyebabkan orang-orang sekitar yang dekat dengan orang yang terinfeksi, seperti petugas kesehatan atau keluarga terinfeksi dengan virus corona.

Orang yang terinfeksi bisa saja menularkan virus ini walaupun orang tersebut tidak memiliki gejala-gejala coronavirus. Sehingga mereka dapat menularkan virus corona tanpa tahu bahwa mereka sendiri sudah terinfeksi dengan virus corona itu sendiri.

Apa gejala dari Coronavirus ?

Gejala dari coronavirus ini adalah demam, batuk dan susah untuk bernapas atau sesak napas. Penyakit ini menyebabkan pneumonia dan lesi pada paru-paru. Tetapi dalam kasus ringan penyakit ini seperti flu biasa sehingga membuat penyakit ini sulit untuk dideteksi.

Bagaimana cara untuk terhindar dari Coronavirus ?

Hal terbaik yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari coronavirus adalah dengan mencuci tangan secara berkala. Selama beraktifitas, hindari memegang wajah dan jagalah jarak antara satu sama lain setidaknya 1 meter dari orang yang sedang batuk ataupun bersin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mitsubishi

Move The World Forward